Fenomena Twitter di Indonesia
Jejaring sosial mengubah pola komunikasi
manusia melalui mediasi-mediasi teknologi yang menarik. Salah satu
situs jejaring sosial yang cukup diminati adalah Twitter, selain
Facebook dan Google+. Twitter adalah sebuah jejaring sosial berupa
mikroblog yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca
pesan. Pesan ini disebut kicauan atau tweets yang berupa teks tulisan
hingga 140 karakter.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack
Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat
ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Di situs BBC juga ada berita
mengenai demam Twitter di Indonesia, yaitu di http://www.bbc.co.uk/news/world-asia-17054274.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian penting
atau unik. Seperti peristiwa meninggalnya Michael Jackson serta Steve
Jobs.
Dengan banyaknya pengguna jejaring sosial,
sebagian besar orang kini lebih aktif di dunia maya. Mungkin melihat
keadaan seperti ini hingga dibuatlah film yang bertemakan jejaring
sosial. Seperti film Republik Twitter misalnya.
Film berjudul Republik Twitter berlatar
belakang kegilaan anak muda akan Twitter dan jejaring sosial,
#RepublikTwitter adalah cerita tentang Sukmo, mahasiswa tahun akhir di
Jogjakarta yang ambisius, lucu, cerdas dan percaya diri. Sukmo
menjalani kesehariannya lebih banyak dibelakang komputer. Dia tampak
ganteng di timeline twitter, membuat Sukmo mudah berkenalan dengan
siapa saja, termasuk Hanum, seorang wartawati yang cantik dan mapan.
Hanum menantang Sukmo untuk bertemu.
Kepercayaan diri Sukmo hilang ketika melihat sosok Hanum yang
benar-benar cantik dan elegan, berbeda dengan dirinya yang hanya
ganteng di timeline. Menunda pertemuannya dengan Hanum, Sukmo bertekad
mengubah dirinya menjadi cowok Jakarta dengan bekerja di warnet milik
Belo yang disebutnya sebagai kantor konsultan komunikasi. Tapi inilah
yang menjebak dirinya kedalam pasir hisap yang semakin mengikat, Bisnis
pencitraan politik berbasis jejaring sosial yang digawangi Kemal dan
Belo.
Selama di Jakarta, dengan kepiawaiannya
memainkan kata di Twitter, Sukmo mampu membuat orang jadi trending
topic, ia juga dipercaya mengelola akun orang-orang penting. Ini
membuat dia punya penghasilan lumayan dan kepercayaan diri untuk
menemui Hanum. Di luar perkiraan Sukmo, begitu melihatnya bergaya
Jakarta, Hanum hilang selera. Bayangannya tentang Sukmo yang asik dan
cuek sirna. Sukmo lebih kecewa lagi apalagi mengetahui Hanum hendak
mengundurkan diri jadi wartawan, profesi yang dia kagumi dari perempuan
itu.
Perjalanan cinta Sukmo mendapat ujian yang
berat. Tapi begitulah cara meraih mimpi, pengorbanan. Bersama Andre dan
kekasihnya Nadya, Sukmo berjuang untuk apa yang selama ini maya menjadi
nyata, yaitu Hanum.
Itulah sepenggal synopsis dari film Republik
Twitter ini. Memang di Twitter dan jejaring sosial lain kadang sering
terjadi hal-hal seperti itu. Banyak orang yang memanfaatkan Twiiter
untuk menjalin hubungan pertemanan, informasi atau berita dan ada juga
yang ingin mendapatkan hadiah melalui event-event yang ada di Twitter.
Yang pertama adaah event “Follow Twitter KTO
Jakarta” (@KTOJakarta). Event ini berlangsung dari tanggal 15 Februari
hingga 19 Februari 2012. Kemudian pengumuman pemenangnya akan
disampaikan pada 20 Februari. Pemenang ditentukan berdasarkan banyaknya
teman (yang diajak) berhasil memfollow @KTOJakarta.
Hadiah bagi pemenang adalah 1 tiket pesawat
ke Korea pulang pergi (PP). Keberangkatan bisa dilakukan maksimum
tanggal 29 Februari dan pajak ditanggung oleh pemenang. Pihak KTO
Indonesia hanya menyediakan tiket pesawat dan pengurusan visa dilakukan
oleh pemenang. Sementara untuk tanggal kembali ke Indonesia, dapat
ditentukan sendiri oleh pemenang. Informasinya bisa kita baca di Facebook Korea Tourism Organization (Indonesia).
Kemudian event lainnya di Twitter dapat kita
temukan di account Info Lomba (@InfoLOMBA). Di sini ada berbagai
informasi. Yang paling terbaru adalah event kompetisi poster international. Lomba poster internasional ini digelar dalam rangkaian Festival Desain Grafis dari Chaumont.
Untuk mengikuti lomba poster tersebut,
sebelumnya kita harus mengikuti prosedurnya dengan menyetujui formulir
pendaftaran. Setelah itu, baru kita mengirimkan karya desain kita.
Paling lambat tanggal 5 Maret 2012. Hadiah pertama adalah uang tunai
sebesar 7.500 € (sekitar Rp 88.000.000,-), hadiah kedua sebesar 4.500 €
(sekitar Rp 53.000.000,-) dan hadiah ketiga sebesar 3.000 € (sekitar Rp
35.000.000,-).
Lalu ada lagi acara berhadiah yang
diselenggarakan oleh flexicengli (@flexicengli). Cara mengikuti acara
ini hanya dengan mengajak teman twitter kita untuk follow account
@flexicengli. Hadiahnya berupa hadiah mingguan, hadiah bulanan &
umroh, Disney hongkong & F1 Singapore, serta pulsa flexi.
Selain event tersebut, juga masih ada
banyak lagi event-event di Twitter. Kita bisa mencarinya atau kadang
ada orang yang memberikan informasi kepada kita.
Memang tak dapat kita sangkal bahwa
sekarang jejaring sosial telah menjadi trend yang membuat suatu hal
atau informasi cepat menyebar. Semoga saja kita dapat memanfaatkan
perkembangan teknologi ini menjadi hal yang berguna demi kehidupan kita.
0 komentar:
Posting Komentar